Kamis, 10 November 2011

Media Mikrobiology Alternative


Dulu, ketika saya masih bekerja di perusahaan dengan market share media mikrobiology yang  cukup besar, saya sempat bingung dengan kebijaksanaan salah seorang customer.  Beliau tidak mau terikat dengan salah satu brand media microbology dan dengan senang hati mencoba hampir semua media microbiology baru yang ditawarkan.

Waktu itu saya agak kesal karena saya harus merelakan berbagi  order dengan vendor yang lain. kebutuhan media microbiology harus terbagi dengan proporsional ke banyak vendor.

Pemikiran saya mulai berubah ketika salah satu produk, Bismuth Sulphite Agar tidak diproduksi lagi dan tidak ada gantinya ( discontinued withaut replacement ). Saya mulai menghadapi customer yang  bingung mencari stock tidak tersedia dan diperparah oleh keadaan bahwa mereka belum sempat mencoba dan memvalidasi produk dari vendor yang lain.

Sebaliknya , customer saya yang diceritakan dibagian awal menjadi lebih tenang menghadapi masalah tersebut. Kadang kita memang belum bisa merasakan sesuatu sampai mengalaminya sendiri.

Pengalaman ini kembali teringat ketika dalam salah satu visit, customer saya mengeluhkan ketidaktersediaan stock produk media microbiology yang mereka gunakan. Produk yang biasanya tersedia sangat banyak di pasar  , entah kenapa harus indent. Sepeti kasus klasik lainnya, masalah ini  diperparah karena sampai saat ini mereka belum pernah mencoba poduk lain.

So, sebelum masalah itu muncul, saya berharap teman teman mulai mencoba media microbiology alternative, Waktu dan effort yang keluar mudah mudahan bisa tergantikan ketika  masalah sepertin ini muncul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar